Tidur dan Fungsi Utamanya Untuk Tubuh Anda – Pusat Spring Bed Bandung

Tidur merupakan kebutuhan terpenting semua makhluk hidup. Hal ini dikarenakan, banyak manfaat yang didapat dari tidur. Dan, tentunya, dampak pada kesehatan juga sangat besar. Karena itu, banyak orang setuju bila kita mengatakan bahwa tidur adalah salah satu kenikmatan hidup yang bisa kita dapatkan dengan mudah.

Tidur seperti melupakan segala masalah yang ada di hidup kita. Tetapi, bagaimana bila kita kurang tidur?

Otak kita membutuhkan kalori dan energi yang sangat besar untuk bekerja. Bahkan, menurut penelitian, 40% kalori yang kita dapatkan dari makanan, digunakan otak kita untuk berfungsi secara normal. Tidur merupakan fase dimana organ tubuh kita, otot dan lainnya istirahat. Hal ini dimanfaatkan oleh otak untuk fokus pada proses restorasi sel-sel tubuh kita. (*Baca Juga : Bagaimana Tidur Dapat Meningkatkan Kapasitas Otak Anda )

Dapat diibaratkan, saat kita terbangun, otak kita akan mengatur kerja jantung, otot, paru-paru, lambung, usus dan semua organ lainnya. Saat kita tidur, semua organ tersebut menurunkan kinerjanya, jadi, energi yang dibutuhkan untuk mengatur semua organ tersebut sangatlah kecil. Otak akan menggunakan kesempatan ini untuk memulihkan fungsi otak dan tubuh kita. Perlu diketahui, setiap detik, terdapat beberapa sel otak yang mati.

Dengan tidur, sel-sel yang mati tersebut akan dapat diperbaiki dan diganti dengan yang baru. Hal ini yang membuat kita akan merasa segar dan lebih fokus setelah tidur nyenyak. Tidur juga membuat tubuh kita lebih berenergi. Mengapa demikian? Bila Anda melihat seseorang tidur, coba perhatikan bagaimana orang tersebut bernafas. Pasti Anda akan melihat bahwa saat bernafas, perut mereka mengembang dan mengempis. (* Baca Juga : Memahami Hubungan Antar Tidur dan Kekebalan Tubuh )

Bernafas dengan otot perut ini jarang kita lakukan saat kita terbangun. Padahal, bernafas dengan cara ini jauh lebih baik dengan bernafas dengan mengembangkan dada. Hal ini dikarenakan oksigen merupakan unsur yang lebih berat dari zat lainnya di udara. Jadi, saat kita menghirup udara, maka oksigen akan berada di bagian paling bawah paru-paru kita. Dengan bernafas menggunakan perut, oksigen dapat kita ambil secara sempurna.

Oksigen dibutuhkan untuk mengubah zat-zat yang kita serap dari makanan yang kita makan menjadi energi. Dan, saat kita tidur, dimana energi yang dibutuhkan organ tubuh kita sangat sedikit, penyerapan oksigen ini akan berjalan sempurna. Sehingga, energi yang terproduksi akan sangat berlimpah. Energi ini digunakan untuk proses penyembuhan dan perbaikan tubuh kita. Hal ini yang menyebabkan kita merasa lebih berenergi setelah tidur yang cukup nyenyak.

Tidur juga menjadi proses penormalan hormon tubuh kita. Hal ini sangat penting untuk pengendalian hormon insulin yang mengatur gula darah sehingga mencegah diabetes. Ada juga hormon Ghrelin yang mengatur rasa lapar dan Leptin untuk rasa kenyang. Kedua hormon ini berhubungan dengan masalah kegemukan atau obesitas. Jadi, bila ada istilah yang mengatakan banyak tidur akan gemuk, atau begadang akan menjadi kurus, maka hal tersebut sangatlah salah. (* Baca Juga : Mengapa Tidur Dapat Menurunkan Berat Badan )

(Dirangkum Dari : cnn.com , forbes.comwebmd.com )

Artikel Singkat, Praktis, dan Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Promotion :

Lihat Juga Aneka Spring Bed Anak Kami Yang Baik Untuk Kesehatan Dengan Harga DISKON :

[products_slider title=”” per_page=”10″ featured=”no” latest=”no” best_sellers=”no” on_sale=”no” category=”tempat-tidur-spring-bed-anak” orderby=”menu_order” order=”desc” layout=”default” ]