Manfaat Tidur Bagi Otak, Jantung, & Berat Badan | Diskon Springbed Florence

Mengapa Tidur Cukup Itu Penting?

Tidur merupakan sebuah aktifitas alamiah yang dibutuhkan oleh manusia. Tidur tidak hanya akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat, tetapi juga dapat mencegah berbagai macam jenis penyakit berbahaya. Waktu tidur ideal untuk orang dewasa adalah 7 sampai 8 jam sehari. Ini cukup untuk memberikan waktu bagi otot dan pikiran untuk beristirahat, serta menjaga agar sistem metabolisme tubuh dapat bekerja dengan baik.

Tidak berhenti sampai di situ saja, beberapa jenis hormon di dalam tubuh manusia baru akan bekerja apabila tubuh dalam kondisi tidur yang lelap, misalnya hormon pertumbuhan atau HGH.

Selain beberapa hal tadi, beberapa manfaat tidur cukup di antaranya adalah :

Meningkatkan Memori Otak

Pikiran manusia sangat sibuk ketika mereka terjaga. Saat tidur, tubuh akan memperkuat ingatan. Bukan menjadi hal yang aneh apabila ketika seseorang kurang tidur, mereka cenderung memiliki masalah dengan urusan konsentrasi. Dengan konsentrasi yang baik dan ingatan yang tajam, Anda bisa menjalani hari dengan lebih baik.

Kesempatan Hidup Yang Lebih Lama

Tidur yang cukup dan berkualitas juga penting bagi Anda yang ingin memiliki umur panjang. Penelitian menunjukkan orang yang kurang tidur memiliki harapan hidup yang kecil. Mereka yang memiliki tidur yang cukup dan berkualitas memiliki umur yang lebih panjang daripada yang tidak. Mungkin, salah satu penyebabnya adalah tidur yang cukup memberikan kualitas hidup yang baik. Orang dengan durasi tidur yang cukup akan terhindar dari stress dan depresi yang berbahaya bagi tubuh.

Tidur Mencegah Peradangan

Alasan lain mengapa orang dengan tidur yang cukup memiliki umur panjang adalah manfaat tidur yang mampu mencegah peradangan. Seperti yang kita tahu, masalah peradangan biasanya akan mengganggu beberapa organ penting tubuh seperti jantung dan liver. Dengan tidur yang cukup, beberapa gangguan peradangan seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan penuaan dini bisa dihindari.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur memiliki tingkat protein inflamasi dalam darah yang tinggi daripada mereka yang memiliki jam tidur yang cukup. Selain itu, studi menunjukkan bahwa protein c reaktif ditemukan pada orang-orang yang memiliki jam tidur yang sedikit. Perlu Anda ketahui bahwa protein c reaktif ini bertanggung jawab terhadap serangan jantung.

Menghindari Obesitas

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan obesitas, maka perlu ditunjang oleh tidur yang baik pula. Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang sedang dalam masa diet, apabila ditunjang dengan istirahat dan tidur yang cukup, akan kehilangan lemak hingga 56% dari berat badan. Di sisi lain, mereka yang kurang tidur malah akan kehilangan masa otot. Dengan tidur yang baik, Anda akan sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit berbahaya.

(Sumber : psychologytoday.com , mensfitness.com , mayoclinic.org )

Artikel Informatif Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Promo dan DISKON :

Silahkan Lihat Daftar Harga DISKON Kasur Spring Bed Florence :

[products_slider title=”” per_page=”12″ featured=”no” latest=”no” best_sellers=”no” on_sale=”no” category=”harga-tempat-tidur-spring-bed-florence” orderby=”menu_order” order=”desc” layout=”default” ]