Dampak Negatif Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Aktivitas rutin yang berat memang harus diimbangi dengan kualitas istirahat yang baik, salah satunya adalah dengan tidur. Ketika tidur, organ-organ tubuh juga akan mengurangi kapasitas kerja sehingga tidak terforsir seharian dan dapat mengembalikan kondisi badan menjadi prima saat bangun.

Bagi para pebisnis yang sering bekerja lembur hingga larut malam, orang yang suka menonton televisi atau begadang hingga larut malam akan mudah terserang penyakit. Hal itu karena mereka tidak memiliki kualitas tidur yang cukup. Untuk bayi membutuhkan waktu tidur selama 10-12 jam perhari, untuk anak-anak 8-10 jam, dan orang dewasa 6-8 jam perhari.

Apakah Anda sudah memenuhi kebutuhan tidur tersebut? Kurang tidur bisa berdampak negatif terutama bagi kesehatan tubuh. Mungkin Anda sekarang belum merasakan efeknya ketika Anda kurang tidur, namun jika tidak diperhatikan dari sekarang akan berdampak kurang baik untuk kedepannya.

Ada beberapa dampak negatif dari kurang tidur yang perlu Anda ketahui dan perhatikan.

1.      Penurunan konsentrasi Bagi Anda yang berprofesi sebagai pekerja atau pelajar, tentu saja akan membutuhkan konsentrasi untuk berpikir atau mengingat hal-hal penting.

Jika Anda kurang tidur, maka konsentrasi Anda akan cenderung menurun, misalnya merasa kantuk di kantor atau di kelas, tidak konsentrasi dalam mendengarkan penjelasan guru, serta sulit untuk memikirkan ide-ide baru. Hal itu tentu akan membawa kerugian bagi diri Anda sendiri, apalagi untuk pekerja kantoran bisa menurunkan etos kerja.

2.      Mendatangkan penyakit Dampak yang tidak secara langsung dirasakan adalah timbulnya berbagai macam penyakit. Kurang tidur bisa menyebabkan peredaran darah tidak lancar, gangguan pencernaan, dan imunitas menurun. Selain itu, berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan sebagainya juga bisa muncul apabila Anda tidak memperhatikan kualitas tidur Anda.

3.      Memicu stres Kurang tidur memang bisa dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya stres. Akan tetapi, kurang tidur juga bisa menimbulkan stres. Hal ini sering ditemui ketika seseorang yang kurang tidur lebih cepat marah, marah-marah tanpa sebab, atau sering tampak lesu di sela-sela aktivitas sehari-hari.

4.      Kulit kusam dan mata lesu Dampak negatif lain dari kurang tidur adalah pada kulit dan mata. Kulit akan terlihat lebih pucat atau kusam, serta terdapat kerutan halus pada kulit. Sedangkan mata akan menjadi bengkak karena kantung mata akan membesar.

5.      Obesitas Pencernaan dan sistem metabolisme tubuh pada orang yang tidurnya teratur cenderung bekerja dengan baik. Sebaliknya, tidur hingga larut malam akan meningkatkan rasa lapar sehingga hasrat ingin makan bertambah.

Untuk menyalurkan nafsu makan, biasanya orang tdak lagi memikirkan makanan apa yang dikonsumsi yang ujung-ujungnya memicu kegemukan atau obesitas. Apakah Anda sudah memahami dampak negatif dari kurang tidur?

Jika Anda sayang pada kesehatan tubuh jangan terlalu sering begadang atau tidur larut malam. Seberapapun sibuk atau padatnya aktivitas Anda, usahakan agar waktu tidur atau istirahat cukup.

( Sumber : sciencedaily.comsknclinics.co.ukblackdoctor.org )

Baca Juga Artikel Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Lihat Juga

PROMO KASUR DAN SPRINGBED DARI MEREK-MEREK TERBAIK KEPERCAYAAN ANDA 

Diskon Dimulai 40% – 50% : HEMAT Sampai Jutaan Rupiah

( Bergaransi Resmi Pabrik 12 – 15 Tahun , 100% Baru – Bukan Ex-Display )

[products_slider title=”Harga Diskon Kasur Comforta” per_page=”8″ featured=”no” latest=”no” best_sellers=”no” on_sale=”no” category=”comforta-spring-bed” orderby=”menu_order” order=”desc” layout=”default” ] [products_slider title=”Spring Bed Anak Dengan Harga Diskon : ” per_page=”8″ featured=”no” latest=”no” best_sellers=”no” on_sale=”no” category=”tempat-tidur-spring-bed-anak” orderby=”menu_order” order=”desc” layout=”default” ]

Beberapa Contoh TESTIMONI : 

galleria furniture bandung testimoni >> Silahkan Lihat Lebih Banyak TESTIMONI Galleria Furniture, KLIK DISINI