Cara Mengatur Fungsi Ruang Kecil Dengan Sofa

Kadangkala rumah yang kita miliki tidak selalu merupakan rumah yang Anda bangun dari awal. Bisa saja Anda membelinya dalam bentuk yang sudah jadi seperti yang Anda tempati sekarang ini. Sehingga segala fungsi ruang sudah terjadi dengan sendirinya.

TIPS Mengatur Ruang yang Efektif


Tidak semua rumah memiliki ruang-ruang yang dapat mengakomodir segala kebutuhan penghuninya. Seperti idealnya sebuah rumah yang memiliki ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, tempat tidur, ruang baca, ruang ibadah, dan teras serta beranda belakang. Tetapi ada rumah-rumah yang hanya memiliki satu sampai dua ruang saja di dalamnya. Yakni ruang tidur dan ruang kosong lainnya.

Untuk mengatasi bentuk ruangan yang seperti ini, Anda harus pandai-pandai dalam memanajemen kebutuhan ruang lainnya. Sehingga Anda tetap bisa memperoleh berbgai fungsi ruang lainnya yang Anda butuhkan. Misalnya ruang tamu dan ruang keluarga.

Tempatkan Sofa Sebagai Penegas Batas Ruang

Dalam dunia property dewasa ini, rumah-rumah yang ditawarkan oleh pengembang biasanya justru menawarkan rumah yang mengusung tema ruang multi fungsi. Artinya berapa pun tipe rumah yang dibangun, di dalamnya hanya ada tiga ruangan, yakni ruang kamar tidur, ruang dapur beserta kamar mandinya, dan sebuah ruang kosong yang cukup luas. Ruang kosong yang cukup luas ini sepertinya sengaja dibuat untuk diserahkan kepada si pemilik rumah untuk mengatur sendiri sesuai kebutuhan fungsi ruang yang diperlukan.

Sebenarnya ada tips mudah untuk memberikan penegasan perbedaan fungsi ruang pada sebuah ruang kosong yang luas, dengan cara meletakan sofa sebagai batasnya. Anda bisa mengikuti step-step langkah tepat berikut ini :

a.             Tetapkan berapa jenis ruang yang Anda butuhkan Bagi menjadi tiga ruang kosong yang ada. Dengan menyesuaikan bentuk ruangan tersebut. Ruang yang simetris misalnya persegi panjang ataupun oval akan sangat dengan mudah membaginya menjadi tiga. Namun ruang yang berbentuk asimetris atau bujursangkar, akan sedikit mengasah otak Anda untuk membaginya sama adil.

b.            Tempatkan sebuah sofa satu set pada ruang yang dianggap sebagai ruang tamu. Kemudian tempatkan satu sofa panjang di belakang sofa set tersebut sebagai batasan bahwa itu adalah ruang keluarga. Lalu tempatkan sebuah televisi untuk mempertegas fungsi ruangtersebut, misalnya. Selanjutnya tempatkan sebuah meja makan mungil untuk pengisi ruang yang dianggap sebagai meja makan.

c.             Nah, bukankah tiga ruangan langsung Anda peroleh sekaligus bukan. Beri sebuah aksentuasi perekat dalam ruangan tersebut, misalnya dengan memberinya ambalan. Tempatkan sebuah karpet di ruang keluarga dan ruang tamu, untuk makin mempertegas fungsi kedua ruang tersebut.

d.            Jangan lupa berikan suatu benang merah pada semua fungsi ruang tersebut. Anda bisa melakukan salah satu dari dua pilihan ini. Apabila semua sofa Anda adalah berbeda bentuk dan motifnya, maka satukan semua ruangan tersebut dengan warna sofa yang sama. Atau kalau semua sofa memiliki warna yang berbeda, maka satukan ruangan dengan memilih bentuk sofa yang sama atau mendekati sama. Misal bentuk kotak, oval atau bulat. Sehingga gradasi fungsi ruang tetap terjaga dengan baik konsistensinya.

Artikel Bermanfaat Lainnya Untuk Anda :

Lihat Juga :

Koleksi Sofa Bagus Dengan Harga Terjangkau :

Sofa Mebel Bandung Murah