Bagaimana Kurang Tidur Akan Mempengaruhi Apa Yang Anda Makan ?

Tidur yang kurang, baik itu dari segi kualitas maupun kuantitas, membuat lebih sulit bagi kita untuk menahan godaan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan membuat kita jadi gemuk.

Dalam sebuah studi, para peneliti meneliti otak manusia ketika mereka ditunjukan gambar-gambar makanan yang manis-manis dan berlemak. Para subjek studi yang mengalami kurang tidur menunjukan sinyal otak yang lebih aktif ketika melihat gambar-gambar tersebut. Bagian otak yang aktif ini terutama di bagian otak yang menciptakan rasa puas.

Itu artinya, apabila Anda kurang tidur maka Anda akan merasakan kepuasan yang lebih ketika mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Mungkin hal ini sekilas terdengar positif, tetapi untuk jangka waktu panjang, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat hanya akan membuat Anda rentan terkena berbagai penyakit yang dapat mengancam nyawa Anda. Seperti misalnya sakit jantung, diabetes, hipertensi, stroke, dll. Belum lagi ditambah dengan bertambahnya berat badan, yang bagi sebagian Anda, khususnya wanita,  tentunya membuat stress.

“Data yang berhasil kami himpun secara jelas menunjukan bahwa apabila Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka kurang tidur benar-benar tidak baik untuk keberhasilan diet Anda,” ucap salah seorang peneliti, Marie-PierreSt.Onge dari New York Obesity Reseacrcher Center.

Sebagai tambahan, para peneliti tersebut juga berhasil membutikan bahwa mereka yang tidur hanya sekitar 4 jam setiap malam cenderung mengkonsumsi lebih banyak kalori per harinya, dengan rata-rata 300 kalori per hari. Jika Anda berpikir bahwa 300 kalori per hari adalah sedikit, maka coba kalikan dengan 365 hari. Maka hasilnya sama dengan 12 kilogram lemak. Bayangkan jika berat badan Anda bertambah sebanyak 12 kg lemak hanya dalam satu tahun. Dalam tiga tahun potensi penambahan lemak Anda adalah 36 kilogram.

Orang-orang yang sering mengalami kurang tidur mengatakan bahwa mereka lebih tertarik pada makanan-makanan yang tidak sehat. Dan hal ini pun telah ditunjang dengan scan pada otak yang menunjukan berkurangnya kemampuan otak dalam membuat keputusan rasional pada bagian yang disebut frontal lobe. Juga pada bagian otak lain yang berguna dalam proses pengambilan keputusan rumit.

“Ketika Anda kurang tidur, maka kemungkinan besar Anda akan kesulitan untuk membuat pilihan makanan yang ideal”, komentar dari salah seorang peneliti lainnya, Stephanie Greer dari Universitas Berkeley. Otak kehilangan kemampuannya untuk meyakinkan diri Anda bahwa makanan yang sehat adalah lebih baik untuk kesehatam, produktivitas, dan penampilan Anda. Pada masa ini otak Anda hanya akan fokus pada rasa puas yang diakibatkan oleh makanan yang manis, gurih, berlemak.

Kesimpulan dari penelitian ini menjangkau lebih dari bagaimana pemilihan makanan yang dilakukan oleh mereka yang kurang tidur. Tetapi menunjukan bagaimana reaksi otak yang melemah terhadap proses-proses pengambilan keputusan yang rasional dan kritis apabila manusia kurang tidur. Hal yang merupakan sangat penting dalam pekerjaan, kesuksesan, dan seluruh bidang lain dalam kehidupan.

Sumber terinspirasi dari : www.today.com

Baca Juga Artikel Bermanfaat Lainnya Untuk ANDA : 

Beberapa Contoh TESTIMONI :

[all_around id=”1″]

 

>>> KLIK DISINI Untuk Melihat Produk Kasur Spring Bed Untuk Investasi Terbaik Kesehatan dan Kenyamanan Anda ( Plus Diskon !! )

[products_slider title=”” per_page=”12″ featured=”no” latest=”no” best_sellers=”no” on_sale=”no” category=”elite-spring-bed” orderby=”menu_order” order=”desc” layout=”default” ]

[products_slider title=”Koleksi Sofa : Bagus – Terjangkau” per_page=”8″ featured=”no” latest=”no” best_sellers=”no” on_sale=”no” category=”sofa-murah” orderby=”menu_order” order=”desc” layout=”default” ]

*) Atau KLIK DISINI Untuk Melihat Lebih Banyak TESTIMONI Kami : 

jual kasur harga murah-testimoni